Cara Melakukan Fetch As Google Di Webmaster Tools (Search Console)

fetch as google
Fetch As Google
Apa itu Fetch As ? 
Fetch As artinya adalah fasilitas yang ada di webmaster tools yang berfungsi untuk membantu para webmaster (pengelola situs) agar setiap artikel yang mereka terbitkan lebih cepat untuk diindeks dan lebih mudah dikenali oleh mesin pencari. Yang harus diperhatikan adalah bahwa tidak semua url yang kita kirim ke robot search engine terindeks dan dapat diterima oleh spiderbot. Setiap url yang diajukan harus mematuhi kebijakan webmaster dan tidak melanggar hak cipta orang lain. 

Syarat untuk bisa menggunakan Fetch As ? 
Syarat utama agar bisa menggunakan Fetch As adalah blog anda harus sudah didaftarkan di webmaster tools. Selain bisa melakukan Fetch As, kita juga bisa melihat laporan informasi mengenai interaksi robot mesin pencari terhadap blog anda untuk terus dipantau dan dievaluasi untuk meningkatkan kinerja blog anda dimasa-masa yang akan datang. 

Cara Melakukan Fetch As di Google Webmaster Tools (Search Console) :
1. Buka website Google Webmaster Tools DISINI 
2. Login menggunakan akun gmail anda
3. Pilih blog yang ingin anda lakukan fetch as
4. Pada halaman Dasbord bilah sebelah kiri klik Perayapan lalu pilih Ambil sebagai Google 
5. Pada kotak Fetch isi dengan url yang akan diindeks search engine google 
6. Agar tidak terjadi kesalahan, pada kotak fetch silakan masukkan link url diatas hanya yang berwarna merah lalu klik tombol Ambil dan tunggu beberapa saat sampai terdapat status Kirim ke Indeks 
7. Klik tombol Kirim ke Indeks, centang dialog captcha dan selesaikan teka-teki captcha lalu pilih rayapi url ini saja dan klik tombol Kirim
fetch as google 2
Klik pada gambar untuk memperbesar tampilan
Keterangan : 
- Url ini saja : Jika memilih ini, google bot akan merayapi hanya url yang kita masukkan saja. Jika didalamnya terdapat link, google bot tidak akan merayapi link tersebut. 
- Rayapi Url ini dan tautannya langsung : jika memilih cara ini, google bot akan merayapi url yang sudah kita masukkan juga akan melakukan perayapan terhadap setiap link yang terdapat dihalaman tersebut. Jika memilih cara ini maka anda akan diberi kesempatan 10 kali dalam satu bulan untuk melakukan fetch as google url blog anda lainnya. 

Demikian panduan singkat tentang cara melakukan fetch As di Google Webmaster Tools (Search Console). Lakukan fetch As untuk setiap artikel yang baru anda terbitkan. Fetch As adalah salah satu alternatif agar setiap artikel yang kita terbitkan lebih mudah dikenali oleh search engine. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Baca Juga :
Optimalkan kinerja Seo, daftarkan blog anda di Search Engine Baidu (Baidu Webmaster Tools).

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Melakukan Fetch As Google Di Webmaster Tools (Search Console)"

Post a Comment